7 Peluang Usaha di Desa yang Menjanjikan

Artikel Peluang Usaha |

7 Peluang Usaha di Desa yang Menjanjikan - Beberapa waktu yang lalu saya mengunjungi keponakan saya di Surabaya. Seperti biasa suasana khas Surabaya yang panas dan macet. Tetapi kondisi ini sepertinya masih mendingan dibandingkan dengan kondisi di jabotabek. Semua orang tumpah ruah , berebut rezeki di kota besar terutama di sentra ibukota Jakarta. Di sepanjang perjalanan saya berpikir , kenapa kebanyakan orang berpikir rezeki itu datangnya dari kota?. Saya jadi teringat tiga tahun lalu pengalaman saya dengan perjuangan toko online. Saat itu kelima karyawan saya keluar dengan alasan akan bekerja di Surabaya. Mereka mengangap gaji di tempat saya lebih kecil dibanding perusahaan di Surabaya. Padahal sebenernya standar gaji yang saya berikan ke karyawan sudah di atas UMR di kawasan saya. Secara nominal mungkin kalah , tetapi sebetulnya secara nilai , gaji yang saya berikan lebih besar dibandingkan gaji yang diberikan oleh perusahaan di Surabaya kepada mantan karyawan. Kaprikornus curhat gini , baiklah kembali ke laptop.

Tujuan saya menulis ini yaitu , biar kita tercerahkan oleh mindset yang selama ini kurang tepat. Mindset yang menganggap bahwa untuk mendapat rezeki yang besar , kita harus pergi ke kota. Akibatnya banyak cowok pemuda produktif yang sebetulnya mempunyai potensi rupawan , enggan tinggal di desa dan memilih mencari rezekinya di kota-kota besar. Tulisan saya ini bukan hanya sekedar teori , tetapi berdasarkan pengalaman saya pribadi yang mencicipi nikmatnya hidup di desa dengan memanfaatkan segala potensi yang ada.


Setelah menyelesaikan study S1 di Bogor , saya pribadi kembali ke kawasan asal saya. Melihat banyak sekali macam potensi besar yang bisa dijadikan urusan ekonomi menguntungkan , alhasil saya memutuskan untuk menetap di kampung dan membesarkan urusan ekonomi saya.

Tips Menemukan Peluang Usaha di Desa Yang Menjanjikan

Sebenarnya membuatkan perjuangan di desa , lebih mudah dan peluang menjadi besarnya lebih gampang dibandingkan di kota besar. Hanya perlu sedikit kreativitas dan kerja cerdas biar urusan ekonomi anda di desa bisa menjadi sumber rezeki yang melimpah. Berikut ini yaitu tips menemukan peluang perjuangan di desa yang menjanjikan :
1. Gali potensi di kawasan  anda. Seringkali kita tidak menyadari potensi yang ada di kawasan kita sendiri. baik itu potensi alam , wisata , masakan , budaya , atau potensi sosial. sebagai teladan : Jika di kawasan kita terdapat tempat wisata yang unik , kita bisa membuka perjuangan tour travel. Jika kawasan kita mempunyai makanan khas kawasan yang ciamik , bisa dengan membuka perjuangan masakan makanan khas. 
2. Temukan potensi diri dan lihat sekitar. Setiap orang pasti punya potensi masing-masing. kecenderungan pada hal tertentu. Bisa sesuai background pendidikan kita , keteramilan khusus , bakat alami , atau bahkan hobbi kita. Contoh : Punya hobby dan keterampilan bongkar pasang automotif - bisa membuka perjuangan bengkel. Punya keterampilan di bidang internet marketer - bisa membuka toko online , google adsense , affiliate marketer dan lain-lain.
3. Gabungkan potensi kawasan dan potensi diri. Peluang perjuangan yang menjanjikan yaitu yang merupakan gabungan keduanya yaitu yang merupakan potensi kawasan dan juga potensi diri. Kalaupun tidak ada , tidak  masalah , yang terpenting yaitu segera menentukan perjuangan apa yang akan kau tekuni.
4. Action. Kalau sudah menemukan perjuangan yang pas , ya tinggal action.Percuma kalau cuma dipikir dan direncanakan. Saat kita action , maka kita akan banyak belajar. Fokuslah pada tujuan dan terus bergerak.

Peluang Usaha di Desa Yang Menjanjikan

Berikut ini akan saya jelaskan tujuh jenis peluang usaha di desa yang menjanjikan. Peluang - peluang perjuangan ini beberapa yaitu perjuangan yang sedang jalani , pernah saya jalani , dan pernah saya analisis peluangnya tetapi belum sempat saya jalani.

1. Usaha Kuliner.
" Selama insan belum bisa berfotosintesis , maka perjuangan masakan akan tetap eksis". Begitulah saya menggambarkan begitu besarnya peluang urusan ekonomi makanan ini. Semua orang butuh makan , dan sehari tiga kali tidak pernah bosan. Jika kau keahlian memasak , dan di daerahmu ada makanan khas , maka ini peluang perjuangan yang sangat menjanjikan. Kunci pertama di perjuangan ini yaitu bisa menyajikan makanan yang lezat , maka sudah pasti tempatmu akan kebanjiran konsumen setiap harinya.


Bisnis masakan ini banyak sekali jenisnya , ada berupa warung makan , gorangan , kudapan manis , angkringan , dan sejenisnya. Sesuaikan dengan daerahmu masing-masing. Karena sukses perjuangan makanan di kawasan A belum tentu berhasil bila diterapkan di saerah B. Selengkapnya perihal peluang perjuangan masakan ada di sini : Peluang perjuangan makanan dengan modal kecil.

2. Peluang Usaha Internet Marketer.
Kemajuan teknologi dan isu yang begitu cepat membuat semua insan di dunia ini terhubung satu sam lain dengan internet. Segala macam fasilitas yang ditawarkan internet mau tidak mau memaksa insan untuk menikmatinya. Gaya hidup insan berubah menyesuaikan zaman teknologi digital. Begitu juga dengan gaya urusan ekonomi di masa kini semua serba digital. Di dunia urusan ekonomi , di kenal istilah internet marketing , yaitu sebuah skill pemasaran menggunakan media internet.


Internet marketing merupakan ilmu wajib yang harus kau kuasai bila ingin terjun di urusan ekonomi online. Mengusai internet marketing bisa menjadi modal yang sangat berharga di periode digital ibarat ketika ini. Jika kau sudah menguasai internet marketing , kau akan dengan mudah menjual apapun produk atau jasa.

Saya sendiri merupakan salah satu yang menekuni internet marketing ini. Saya berguru mulai dari nol hingga bisa ibarat ketika ini. Alhamdulillah dengan keterampilan internet marketing ini , banyak hal yang bisa saya lakukan. Saya mmepunyai perjuangan toko online , Google Adsense , dan lembaga kursus bahasa Inggris di Kampung Inggris. Salah satu keunggulan peluang perjuangan internet marketing yaitu bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Tidak peduli kau berada di desa , di kampung , atau di pelosok kawasan , asal ada jaringan internet , kau bisa membuka perjuangan dengan keterampilan internet marketing.

Ada banyak jenis peluang perjuangan yang bisa kau kerjakan ketika menguasai skil internet marketing , tidak hanya urusan ekonomi online , tetapi juga bisa membuatkan urusan ekonomi offline yang dionlinekan di internet. Berikut ini yaitu beberapa peluang perjuangan yang bisa kau kembangkan :
- Peluang perjuangan toko online , selengkapnya ada di : Peluang perjuangan toko online.
- Peluang perjuangan Youtube Adsense , selengkapnya klik di sini.
- Peluang perjuangan PPOB Gratis , potensi puluhan juta rupiah , selengkapnya ada di sini.
- Peluang perjuangan jasa pendidikan , selangkapnya ada di sini : Peluang perjuangan jasa pendidikan.
- Peluang perjuangan Android penghasilan dolar , selengkapnya klik di sini.

3. Peluang Usaha Kursus.
Belajarlah hingga ke negeri cina. Kira-kira ibarat itulah pepatah menggambarkan perihal begitu pentingnya mencari ilmu. Mencari ilmu bisa dilakukan dimana saja salah satunya di sekolah. Pemerintah mendorong masyarakat biar meningkatkan pendidikan dengan aktivitas wajib berguru 9 tahun.Hal ini merupakan peluang perjuangan di bidang jasa pendidikan.


Selain pendidikan di sekolah , ada juga pendidikan yang dilakukan di luar sekolah yang bisa menjadi peluang usaha. Contohnya yaitu kursus dan bimbingan belajar. Salah satu perjuangan yang saya tekuni ketika ini yaitu perjuangan kursus bahasa inggris di Kampung Inggris. Siapa yang tak kenal Pare dengan Kampung Inggris nya?. Kampung Inggris merupakan suatu kawasan di Pare , kabupaten kediri dimana terdapat ratusan lembaga kursus bahasa inggris yang telah berhasil mencetak ribuan orang terampil berbahasa Inggris. Tuntutan zaman ketika ini memaksa kita untuk menguasai bahasa internasional biar lebihmudah bersaing. Potensi ini menjadi peluang perjuangan yang sangat menjanjikan.

Selain kursus , bisa juga dengan membuka bimbingan belajar. Prospek perjuangan bimbingan berguru akan semakin berkilau ke depannya , selama masih banyak orangtua yang sibuk dengan pekerjaannya tetapi menginginkan anak-anaknya berprestasi di sekolah. Orang renta tidak punya waktu untuk mendampingi anak-anaknya berguru sehingga mempercayakan kepada lembaga bimbingan berguru untuk memperlihatkan jam berguru suplemen untuk anaknya.

4. Peluang Usaha Ternak Hewan
Peluang perjuangan ternak hewan merupakan peluang perjuangan yang sangat menjanjikan di desa. Peluang perjuangan ini juga beragam jenis hewan yang diternakkan ibarat sapi , kambing , ayam , angsa , lele , mujair , dan lain-lain. Peluang perjuangan ini sangat cocok dilakukan hanya di desa alasannya lahan kosong yang masih banyak serta kondisi perumahan yang tidak padat ibarat di kota.


Usaha ternak hewan ini termasuk perjuangan yang sederhana bila kau menguasai ilmunya. saran saya , belajarlah pribadi dari orang yang sudah sukses di jenis perjuangan ternak hewan ini. Bisa dengan cara magang di tempat usahanya , mempelajari semua cara budidayanya , pakannya , hingga cara memasarkannya. Dengan cara ibarat itu , anda akan mengurangi risiko kegagalan akhir proses trial dan eror.

Salah satu sobat saya yang sukses di ternak hewan yaitu Adam Maulida. Beliau sukses dengan menekuni ternak cacing. Mungkin bagi sebagian orang menganggap remeh dengan urusan ekonomi ini. Tetapi Adam Maulida telah menunjukan bahwa dengan tekad yang berpengaruh dan fokus dengan bisnisnya , bisa membuat Adam kini menjadi seorang jutawan. Informasi selengkapnya perihal Adam Sang Jutawan dari ternak cacing , klik di sini.

5. Peluang Usaha Agribisnis
Usaha apalagi yang paling mudah dilakukan di pedesaan kalau bukan di bidang pertanian? Yup betul sekali , pertanian ini akan terus ada selama insan masih membutuhkan makanan. Karena sumber makanan yang ada di dunia berasal dari pertanian. Tidak selamanya petani itu susah , tergantung ilmu kita dalam bertani , profesionalisme kerja , dan mindset yang memposisikan pertanian sebagai sebuah urusan ekonomi bukan hanya sekedar bercocok tanam.


Peluang perjuangan agribisnis ini banyak sekali jenisnya ibarat : budidaya sayuran , budidaya sayur-sayuran , budidaya jamur , budidaya makanan pokok , rempah-rempah , dan lain sebagainya. Sudah banyak pengusaha di bidang agribisnis yang berhasil dan menjadi milyarder. Salah satunya yaitu Pak Gun Sutopo. Pak Gun yaitu sosok sederhana yang berhasil sukses di bidang budidaya buah naga dan agrowisata buah naga. Profil lengkap urusan ekonomi buah naga dia , bisa di simak di goresan pena : Kisah petani milyarder Gun Soetopo.

6. Peluang Usaha Konveksi.
Selama insan masih berpakaian , maka perjuangan konveksi akan tetap berkilau. Pakaian yaitu kebutuhan pokok insan selain pangan dan papan. Artinya jasa pembuatan baju dan pakaian akan selalu dibutuhkan dimanapun anda berada termasuk di desa. Bahkan kalau kita kreatif sedikit , perjuangan konveksi di desa akan tumbuh dengan cepat alasannya minimnya tentangan yang ada.


Sekali lagi , biar anda sukses di urusan ekonomi ini , diharapkan ilmu yang sempurna dari seseorang yang telah sukses dengan urusan ekonomi konveksi. Saya sendiri pernah mempunyai perjuangan konveksi dan pakaian. Secara lengkap saya tulis rangkumannya di sini : Tips memulai urusan ekonomi pakaian dengan modal kecil.

7. Peluang Usaha Toko Kebutuhan Sehari - hari.
Seringkali kondisi geografis pedesaan yang jauh dari pasar , membuat masyarakat mengalami kesulitan untuk berbelanja kebutuhan sehari-hari. Kondisi ini bisa menjadi peluang bagi kita membuka perjuangan toko kelontong. Dengan niat membantu warga sekitar dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari , sekaligus menjadi sarana berbisnis.


Usaha jenis ini cukup sederhana yang diharapkan yaitu ketelitian dan ketelatenan. Yang tidak kalah penting yaitu menerima suplier barang dengan harga kompetitif serta menguasai ilmu urusan ekonomi ritel perihal stok produk , administrasi keuangan ritel , dan pemasaran.

Demikian tadi ketujuh peluang perjuangan di desa yang menjanjikan. Siapa bilang tinggal di desa tidak bisa mendapat rezeki yang melimpah? Asal ada niat , tekun , kreatif , dan profesional , maka kita akan mencicipi manisnya hidup di desa. Semoga goresan pena ini bisa memperlihatkan pandangan gres bagi anda yang sudah bosan hidup di kota dengan segala hiruk pikuk yang ada , dan juga bagi kalian yang berencana hidup menetap dan membangun desa. Semangat berbisnis dan berkarya.