Situs Resep Makanan Jepang Terbesar Cookpad

Profil Pengusaha Akimitsu Sano



Tidak banyak diketahui wacana seorang Sano. Ialah dibali situs aneka resep terbesar Jepang, Cookpad.com, yang sudah memulai semenjak dingklik kuliah. Pria 42 tahun ini jarang berbicara kepada media masa. Ia memiliki sedikit biodata bisa disusuh oleh media, bahkan sekelas Forbes.com

Kuliah di kampus terkenal Jepang, Keio University, asik mengerjakan Cookpad. Tahun 2012 meninggalkan peran sebagai CEO mengerjakan aneka akuisisi. Ia mengakuisisi Minanno Wedding, situs review buat kawasan ijab kabul Jepang, dan Cucumbertown, blog platform buat aneka makanan asal Amerika, untuk nilai tidak diketaui.

Menurut Wikipedia semua dimulai dari perusahaan berjulukan Coin Ltd pada Oktober 1997. Kemudian ia meluncurkan Kitchen@coin kawasan membuatkan resep makanan. Kemudian namanya bermetamorfosis Cookpad pada 1999 dan tahun 2002 mulai membuka ruang bagi pengiklan masuk.

Bisnis memasak


Tiga tahun situs milik Akimitsu Sano telah mencapai 12 kali lipat. Dia bisa merubah Cookpad masuk jajaran 55 situs paling dilihat di Jepang. Usahanya memang ambisius. Sejak awal ia sudah melihat diluar apa orang lihat sebagai situs resep kuliner Jepang.

Data dihimpun menyebutkan situs ini dikunjungi setangah wanita di Jepang. Umur antara 20 -an hingga 30 -an, dimana penghasilan diperkirakan $122 juta dan tahun 2016 mencapai $150 juta. Kemenangan situs ini ternyata merupakan cerminan wanita Jepang, yakni banyak ibu rumah tangga kesukaran bersosialisasi.

"Banyak ibu rumah tangga memiliki kekurangan dalam koneksi ke sosial -and Cookpad menunjukkan satu link - jadi disanalah banyak peluang," ujar Takahiro Kazahaya, pakar analisis dari Deutsche Bank di Tokyo, Jepang.

"Itu bukan berarti orang sekarang tidak mau memasak," Sano menambahkan dalam wawancara bersama Japan Times, tahun 2008 silam. 

Lanjut ia bahwa ibu muda sekarang tidak memahami cara memasak. Bukan alasannya yaitu tidak mau memasak tapi tidak menerima ilmunya dari generasi sebelumnya. Sano sendiri meyakini memasak membantu satu keluarga menyatu. 

Sano sendiri suka memasak atau dimasakan oleh istrinya. Di kantornya juga ada sebuah dapur raksasa yang seukuran industri buat seluruh pegawai. Ia sendiri tidak mau makan kecuali orang dikenalnya membuatkan ia makanan.

Percaya diri, Cookpad.com masuk ke bursa efek Jepang, dimana sahamnya naik 80% semenjak diluncurkan dulu. Dimana saham dipasarkan mencapai 20% saham. Sementara Sano memiliki saham mencapai 44% yang membuatnya memiliki kemampuan merubah susunan eksekutif Cookpad.com, dan disinilah masalahnya.

Cookpad.com memiliki 58,8 pengguna -dan menyimpan 2,1 juta resep kuliner khas Jepang- contohnya saja pancake sotong khas, tetapi tidak juga menafikan kuliner khas Jepang layaknya Bolognese ataupun Cheesecake.

Kegaduhan bisnis


Ia mengejutkan semua pemilik saham. Sebagai pemilik 44% saham membuatnya memiliki kuasa. Pada bulan Januari 2016 ia membuang semua jajaran direksi utama. Alasanya Sano merasa perusahaan mulai tidak lagi fokus di urusan ekonomi utama. Akibatnya saham jatuh 23% dalam satu hari dan kabarnya ada pertarungan andal di dalam.

Sebagai situs yang memiliki pengguna 85 juta hal ini menganggu. Jalannya roda urusan ekonomi Cookpad diperlukan tetap dalam jalur. Pada Februari, Sano oke tidak mengusik beberapa orang, dimana ini merupakan hasil dari perpinjangan panjang pertemuan pemilik saham.

Ia sendiri ingin kembali menjadi direktur. Sayangnya, banyak staf merasa tidak mau kalau ia kembali ke bab tersebut. Banyak orang percaya direksi sebelumnya telah menjalankan peran bagus. Harga saham semakin turun alasannya yaitu ributnya perusahaan di dalam.

Pada 10 Mei, pendapatan turun hingga 73%. Bahkan mereka mencoba menjual bab dari perusahaan itu. Sebuah kekecewaan kenapa Sano melontarkan anjuran tersebut. Sebuah anjuran yang berisi kekecewaan langsung Sano terhadap kinerja perusahaan dan mencoba mengambil alih.

Meski coba diganjal, Sano tetap menerima kedudukan administrator kembali, di dalam proposalnya terdapat rasa kecewa sebagai pendiri bahwa perusahaan mulai melupakan urusan ekonomi utama. Ia juga menambahkan lagi mereka yang bekerja di kantor diluar Jepang memiliki visi kurang.

Ia menginginkan kembali urusan ekonomi mereka di memasak. Dia berpikir bahwa administrasi dulu tidak cukup dalam hal berpikir ekspansi keluar.

Masalah sebenarnya


Dimulai semenjak 1998, Cookpad menjadi pemain sentral situs membuatkan resep, dan memiliki lebih dari 60 juta pengguna lokal, yang mana kebanyakan wanita. Tidak cuma kuliner Jepang, mereka juga memiliki resep khas Amerika sentuhan Jepang, yang aneh. Mereka punya burger hitam dari kacang atau mufin kelapa.

Sejak membuka diri melalui IPO, perusahaan telah tumbuh berkali lipat semenjak 2009. Dan nilai iklan urusan ekonomi dari situ resep ini mencapai $1,5 miliar. Pada tahun 2012 Sano memutuskan mundur sebagai presiden, dan digantikan mantan pemilik Kakaku.com, yang diakuisisnya, yaitu Yoshiteru Akita, untuk menyendiri sendiri.

Tidak banyak diketahui apa dilakukan oleh Sano. Namun Akita sukses berekspansi ke urusan ekonomi review layanan pernikahan, dimana memperlebar dari tujuan semula Sano. Sementara itu Sano dikabarkan tengah membuka cabang di Amerika, dan mengakuisi Cucumbertown sebagai satu aset perusahaan.

Tiba- tiba Sano mendadak "berilusi" bahwa para eksekutif tengah bermain. Mereka tidak fokus mengerjakan fokus urusan ekonomi mereka yakni di bidang masakan. Padahal Sano sendiri mengambil keputusan untuk mengakusisi beberapa perjuangan diluar resep.

Ia meminta merubah susunan direksi perusahaan. Aneh, memang ia bisa, namun akan menjadi persoalan utama kalau ia lakukan. Apalagi Sano dianggap tidak terang dalam kebijakannya. Padahal banyak perusahaan besar memegang saham di Cookpad.com, sebut saja Citigroup.Inc, Seven & I Holding.Co, Sharp Corp.

Sano mulai propektif akan pemilik saham minoritas. Dia telah mengambil orang dari luar perusahaan, yang disebut sebagai independen, tetapi tidak seindependen itu. Memang sebagai pemilik saham 44% Sano sudah membuktikan kekuatannya. Meski begitu akan menjadi persoalan kalau hingga ia salah mengambil keputusan.

"Mereka (pemilik saham utama) bisa melaksanakan apapun mereka suka (jika serius)... tetapi kasus menyerupai ini sangat langka," ujar Ishida, pengamat ISS, alasannya yaitu bisa membuat pemilik saham melepas saham dan untung alasannya yaitu pemegang saham utama ketiga masih melihat potensi Cookpad.com