Tidak Mau Melamar Pekerjaan Memilih Jualan Es Krim

Profil Pengusaha Adam Amrullah 


 
Buka perjuangan masakan di Yogya memang menjanjikan. Inilah kesempatan diambil oleh Adam Amrullah. Seorang mahasiswa Universitas Gajah Mada (UGM). Disini gudangnya makanan enak tulis sebuah artikel. Banyak masakan tersebar menjamur di Kota Gudeg ini.

Adam tidak menyia- nyiakan. Ia ingin menjadi pengusaha masakan ibarat lainnya. Maka lulusan UGM tahun 2013 ini mulai coba- coba jualan di pinggir UGM. Target Adam ialah mahasiswa dan juga para pelancong yang tengah menikmati liburan. Berawal dari ajang Sunday Morning (Sunmor) UGM, berlabel RedBean Ice Cream.

Bisnis nekat


Sejak lulus kuliah beliau bahkan tidak sempat melamar pekerjaan. Dia mencoba membuat es krim sendiri dari materi kacang merah. Tepat sebulan sebelum lulus dari Kampus Biru, yang mana tepatnya Desember 2013, lulusan Akuntansi serius berbisnis.

"Awalnya saya jualan es krim ketika masih ramai Sunmor UGM setiap hari minggu," tutur dia. Waktu itu beliau mengenang cukup banyak yang suka.

Awal perjuangan nama es krim Adam ribet. Namanya Green Tea Patbinsu. Bagi warga UGM familiar bagi anak- anak muda, pelajar, dan mahasiswa, sebagai es krim berbahan kacang merah. Kacang merah Adam dibuat dengan racikan aneka buah- buahan, susu, dan ditambah keripik jagung gurih enak.

Untuk meningkatkan kepercayaan diri. Dia mengikuti kompetisi digelar oleh PT. Nissan Motor Indonesia, berlabel Datsun Rising Challange, menyisihkan ribuan akseptor lain. Dia bermodal nekat dengan uang sedikit buat berbisnis. Eh, ketika ikut ajang, ternyata sambutan masyarakat akan es krim kacang merah meriah.

Dia beruntung ikut kompetisi. Karena juga menerima pelatihan kewirausahaan. Adam memang dasarny nekat. Belum mampu berenang malah eksklusif nyebur ke dunia kewirausahaan. Disana beliau mencar ilmu biar tidak lekas karam bagaimana mengambang ketika problem datang.

Untuk hadiah ajang diadakan perusahaan kendaraan beroda empat ini terbilang "wah". Bayangkan selain Adam menerima uang juga satu unit kendaraan beroda empat Datsub GO+. Lewat uang tersebut Adam melebarkan sayap bisnisnya. Pertama ia lakukan yaitu membuka cabang kedua. Lalu, ia tidak cuma menjual minuman tetapi juga berbagi makanan.

Uang sebesar itu dibukakan satu cabang. Makara Adam memiliki daerah di Jalan Gambir 142a, Karanggayam (Deresan), Depok, Sleman, dan Jalan Monjali 106a, Mlati, Sleman. Adam juga sudah punya 20 karyawan paruh waktu. Dia mangajak kalangan mahasiswa biar tidak cuma melamun begitu kuliah selesai.

Kemudian kedua daerah tersebut mengusung nama gres Minke Dessert Bar. Dimana kau mampu berkunjung dari pukul 10.00 pagi hingga 22.00 malam. Omzet perjuangan ini menurut Adam sudah mencapai Rp.90- 100 juta.

Adam menyebut usahanya tidak cuma enak. Dilihat dari komposisi memang kelihatan sehat, sebut saja ada es krim Green Tea Patbingsu, Mango Saved Ice, Apple Puff, Matcha Crepes, dan lainnya. Bahan dasar sih tinggal mencari sekitaran Yogya. Agam pun tidak mau berhenti disana. "Kedepan saya ingin bukan franchise, cukup 50 juta."