Jual Buah Sayuran Sisa Tetapi Masih Segar

Profil Pengusaha Evan Lutz 



Masalah Amerika yaitu membuang- buang makanan. Fakta meski masih banyak orang kelaparan, negara besar masih banyak membuang- buang sayuran dan buah dengan banyak sekali alasan. Sudah banyak pengusaha mencoba untuk mendobrak tradisi ini mulai tran organik dan jus buah.

Salah satunya, Evan Lutz, pengusaha muda berumur 23 tahun yang masuk program Shark Tank. Itu loh program ibarat Berani Makara Miliarder. Bisnisnya berjulukan Hungry Harvest yang fokus mendistribusikan kembali buah dan sayuran sisa -tetapi masih layak dimakan orang. 

Masalah mereka, buah dan sayur itu, terlalu jelek buat dimakan, kok bisa?

Bisnis unik


Tradisi untuk selalu mengambil produk terbaik. Ketatnya pemilihan sayuran membuat buah dan sayur tidak mengagumkan risikonya terbuang tidak terjual. Petani menjadi pemilih alasannya yaitu memang biro diharuskan untuk memilah sayuran dan buah- buahan berfisik bagus, selain tidak ditumbuhi penyakit.

Alhasil petani tidak akan mendistribusikan buah jelek. Tradisi ini pula yang menimbulkan tidak mudah bagi pebisnis agro dari negara ibarat kita masuk ke Amerika. Susah alasannya yaitu sangat ketat. Sementara itu aneka makanan fast- food mudah didapatkan. Aneh.

Kembali ke Evan Lutz, pengusaha muda asal Baltimore, dengan besar hati menerangkan urusan ekonomi miliknya yang kita bisa bilang sederhana. Setiap bok buah dan sayuran jelek maka akan disisihkan satu bok buat disumbangkan ke orang kelaparan. Visi -nya tidak ada lagi makanan terbuang dan orang kelaparan di Amerika Serikat.

Fokus mengambil makanan jelek, dirinya dan beberapa tim Hungry Harvest bisa mendistribusikan hingga 1,2 ton produk untuk dipasarkan. "Kenapa mendonasikan bila kau tidak menghasilkan?" ujar salah satu juri Shark Tank, Kevin O'Leary.

Memang Kevin terdengar tidak memiliki fokus mengolah. Ia lebih memilih mendistibusikan makanan jelek itu kembali. Hitungan 40% makanan Amerika tidak dimakan tolong-menolong cukup. Itu alasannya yaitu biro mall tidak mau menjual buah atau sayur dengan warna kurang segar, tidak berbentuk bagus, padahal kalau dimakan ya aman.

Model urusan ekonomi Hungery Harvest ialah membeli pribadi ke petani dan juga biro besar. Dimana satu bok akan dihargai Evan $15- $55 per- ahad (tergantung ukuran) dan itu sudah termasuk aneka bahan- materi bumbu. Sebuah perusahaan fokus mengurangi makanan terbuang sia- sia di daerah sampah.

Dalam seminggu penjualan, Hungry Harvest bisa menjual $37.000 hingga $104.000. Sayangnya, bila kita hitung Hungry Harvest sama sekali tidak untung bersih. Bahkan tekor $20.000 padahal kala itu jumlah pelanggan sudah 500 orang. Salah satu juri Shark Tank lantas mengomentari lebih dalam wacana urusan ekonomi ini.

Barbara Corcoran mengkritik beliau terlalu mencintai pandangan gres dan tidak rakus. Maksudnya bisa penulis jelaskan ia terlalu menikmati menjadi orang sosial, bukan pengusaha. Sosok yang terlalu menikmati mengurangi jumlah makanan terbuang dan kelaparan, tetapi disisi lain tidak mempedulikan keberlangsungan perusahaan itu.

Evan dalam program tersebu tolong-menolong hampir kalah. Karena ia menunggu Kevin O'Leary semoga mau memberi modal. Dalam ajuan diajukan ia menunjukkan 5% saham atau senilai $50.000. Dan beruntungnya salah satu juri yaitu Robert Herjavec tertarik, dan menyampaikan $100.000 atau senilai 10% saham perusahaan.

Bisnis sosial


Sejak awal beliau memang ingin menjadi pengusaha. "Saya ingin menjadi seorang pengusaha sepanjang hidup saya," katanya. "Tapi lebih dari itu, tujuan saya yaitu untuk menjadi pengusaha sosial, untuk menyampaikan kembali kepada masyarakat dalam beberapa cara."

Sebelum masuk masa senior kampus University of Maryland's Robert H. Smith Business School, Evan sudah dikenal dengan aktifitas sosial, termasuk menjadi pekerja di organisasi Food Recovery Network. Dia mengambil makanan sisa di daerah makan kampus dan mendonasikan itu ke penampungan.

Dimana kemudian organisasi tersebut mengadakan dana CSA, mereka menciptkan daerah berjualan yang menjual aneka makanan sisa. Sepuluh hari berlalu, 500 mahasiswa membeli dari sana, dan inilah awal pandangan gres ia miliki sekarang.

" Saya menyadari ini yaitu jauh lebih besar dan dapat ditingkatkan ke model urusan ekonomi untuk -profit," katanya. " Toko kelontong akan menolak seluruh produk jelek di truk, dan itu absurd alasannya yaitu mereka penuh dengan hal fantastis, buah- buahan segar dan sayuran."

Memang sudah banyak perusahaan mengambil cara berlangganan. Seperti ada BirchBox buat kosmetik dan StitchFix untuk pakaian. Hungry Harvest akan menyampaikan tiga bok dengan aneka buah dan sayur pribadi ke depan pintu. Tiga bok akan dipilih pelanggan satu bok berisi buah dan sayuran.

Perusahaan akan menunjukkan apa yang ada. Karena itu pelanggan akan dapat memilih buah dan sayur bila tidak sesuai bisa bilang. Sayur atau buah yang membuat alergi tentu bisa ditolak. Untuk satu bok pembelian maka ada dua pound untuk diberikan ke masyarakat lewat organisasi Moveable Feast dan Maryland Food Bank.

Hungry Harvest juga mengadakan pasar petani bebas di daerah ibarat Barat Baltimore. Dimana perusahaan sudah naik 700 pelanggan. Hal tersulit baginya meyakinkan bahwa sayur dan buah dijual segar. Menurut beliau alasan sayuran ditolak alasannya yaitu ukuran dan bentuk random sekali. Padahal bisa saja apa yang dijual Evan lebih segar.

Dia sendiri sudah sering ngomong dengan investor. Tetapi untuk berbicara dengan pengusaha sekelas juri di Shark Tank beda. Ini sama halnya ibarat mengajukan ajuan investasi, bahkan tanpa editing alasannya yaitu reality show, jadi butuh dramatisir. "Ini merupakan pekerjaan mereka untuk membuat dramatis," tutur dia.