Bagaimana Caranya Berbisnis Fasion eCommerce

Profil Pengusaha Sherlyn Tan 



Lulusan terbaik dibidang keuangan Multimedia University. Sherlyn Tan pribadi bekerja untuk Groupon. Di waktu itu, Groupon masih dikenal sebagai startup hebat, dan Sherlyn menjadi yang berkontribusi membuka departemen baru. Dalam 10 hari masa target beliau membuka peluang lain salah satunya, ekspansi ke Penang, Malaysia.

Sherlyn bisa menjadi eksekutif, Business Development Director, hanya dengan waktu satu tahun setengah semenjak bekerja. Disela- sela pekerjaanya, ia menuliskan nama situs Twenty3, membuktikan ambisi di umurnya 23 tahun bahwa kelak beliau akan memiliki urusan ekonomi online sendiri. 

Twenty3 sendiri tidak terang mau berbisnis apa. Sheryln cuma mau memiliki sesuatu yang bisa mensuport ambisinya. Sesuatu yang mensuport ambisinya menjadi artis. Dulu beliau pernah mempunyai blog fasion hanya lantas dijualnya. 

Ia memiliki mata jeli wacana apa kesukaan wanita Malaysia. Jadi, beliau memilih berbisnis ecommerce fasion.

"Saya cuma mau sesuatu yang bisa mensuport mimpi saya sebagai artis panggung. Saya pernah menjual satu blog fasion melalui blog lama itu dan memiliki cita rasa akan sesuatu disukai oleh gadis Malaysia, jadi saya memutuskan merubah Twenty3 menjadi toko ecommerce fasion," tuturnya.

Awal sekali, tanpa bekerja kembali, Sherlyn akan mengerjakan Twenty3 seharian dan menyanyi di kafe di malam hari. Itu semua berjalan selama tiga tahun semoga tetap bisa makan. Kurun waktu tersebut Twenty3 bisa menjadi urusan ekonomi besar, menjadi salah satu brand fasion terbesar di negara, kini pendapatan mencapai RM10 juta.

Di urusan ekonomi tersebut ada 20 orang pegawai, dua toko retail, dan melalui toko onlinenya itu bisa melayani pengiriman barang 40.000 ke banyak sekali negara.

Brand tangguh


Buat kalian yang tidak mengenal brand ini. Bukanlah perkara mudah baginya mencapai titik disini. Twenty3 telah memiliki 400.000 'like' di Facebook. Pastilah pencapaian tersebut tidak mudah. Dari menjual pakaian wanita, kemudian menjaul pakaian pengantin atau pakaian keseharian, Twenty3 telah menoreh nama di urusan ekonomi fasion.

Dia bukanlah seorang berpendidikan fasion menyerupai kita bicarakan diatas. Tetapi berkat pendidikan keungan banyak membantu wacana berbisnis. Pengalaman lah yang mendorong beliau menjadi pengusaha sukses. Dia ini menyukai menciptakan urusan ekonomi dan oleh karenanya, Twenty3 merupakan hal natural dalam kehidupan dia.

Akar urusan ekonomi Twenty3 memang sudah cukup lama. Dimulai semenjak mendaftarkan domainTwenty3 pada tahun- tahun lalu. Dia terbiasa bereksperimen dengan pakaian semenjak muda. Kini, diusianya yang matang, beliau lebih memilih pakaian gym. "Ini mendorong saya untuk berolah raga," candanya.

Memotivasi lewat olah raga membentuk brandnya merupakan prinsip bisnis. Dengan pakaian yang tepat, dan ditambah filosofi wacana brand dapat menyuntikan kekuatan, percaya diri dan kekuatan kepada pemakainya. Oleh sebab itulah Sheryln lebih ke filosofi brand dibanding sekedar menjual pakaian.

"..dan kami berharap untuk menginspirasi wanita dimanapun semoga tidak mau mengalah akan mimpinya," ia melanjutkan.

Sheryln selalu melihat kedepan. Tidak pernah kehilangan arah tujuan. Itu beliau dedikasikan lewat kerja keras dan berolah raga. Olah raga baginya merupakan kawasan mencek kesehatan. Termasuk kesehatan mental di dalam berbisnis mendatang. Ia mengakui inilah caranya terlepas dari depresi. Hanya lima menit sudah cukup baginya.

Lima menit melalukan dorongan keras sudah cukup, mendorong lebih jauh dan kau bisa melihat apapun itu mungkin. "Saya berguru melihat setiap duduk perkara hidup menyerupai lima menit itu," ucapnya. Dan duduk perkara pasangan yaitu penting baginya memiliki kekasih yang mengerti. Dimana mau mengajaknya ke gym memulai satu sesi fitnes.

"Itu merupakan fital untuk memiliki seseorang yang mengetahui diri mu dan dimana kau percayakan dimana bersama kau memulai perjalanan," terang Sheryln mengenai kekasih idaman.

Depresi terbesarnya perasaan kurang percaya diri semenjak kecil. Maka selama hidupnya jadi pendorongnya semoga tidak lekas puas. Contohnya, ya dikala beliau bekerja keras untuk sekedar menerima akreditasi tetapi tidak pernah cukup. Mukin terlihat kegilaan, tetapi ini menjadi pendorong beliau ke dalam entrepreneurship.

Dia pun sembuh dari perasaan tersebut dikala membagi perjalanannya. Mungkin menyerupai sebuah pengalaman beliau hampir mati. Dimana semenjak itu contoh pikir wacana kehidupan Sherlyn berubah. Ia mulai melihat kencatikan di setiap benda dan mencicipi bahwa dirinya tidak pernah rasakan sebelumnya.

"Saya mulai menghargai pemandangan cantik dari kondominium saya setahun setelah saya pindah! - Dan saya menyadari apa yang benar-benar saya inginkan dan tidak ingin keluar dari kehidupan," dan hari ini, Sherlyn lebih berfokus pada apa yang penting -dan itu yaitu kehidupan .

Prinsip hidup mendorong dirinya mencapai tingkat tertinggi. Baik dalah kehidupan berbisnis maupun dalam personal. Ini akan sangat mendukung kamu, apalagi dikala tidak ada satupun percaya padamu, tidak ada satupun pintu terbukan bagi mu. Kamu harus tetap memiliki kepercayaan diri wacana visi kau tersebut.

Ia mengaku sulit membangun urusan ekonomi dan keluarga bersamaan. Apalagi dikala beliau harus merawat bayi mungil tetapi beliau menikmati hal tersebut. Pencapaian baginya tidak mencoba membangun sesuatu buat orang lain, rasa kepemilikan akan entrepreneurship yaitu keberuntungan dan menikmati melihat anaknya tumbuh.

Bisnis kuat


Twenty3 merupakan platform bagi desainer muda. Mereka menimbulkan ini kawasan berguru wacana fasion. Dan bagaimana berkreatifitas dengan efisiensi sebab fasion berubah cepat.

Sheryln memulai urusan ekonomi dengan modal RM 15.000 (ringgit Malaysia) di akun bank. Dia mengeluarkan uang sebesar RM.10.000 untuk banyak sekali developer website semoga sesuai keinginan. "Saya menemukan satu orang bisa memenuhi spesifikasi saya."

Dengan uang sisanya, beliau pergi ke Bangkok, dan membeli pakaian dijual lagi. Pimikirannya bagaimana bisa untung paling tidak RM 10.000 semoga tetap hidup, dan beruntung beliau berhasil. Ia menjelaskan lagi duduk perkara ada utama yaitu arus kas.

Kalau diceritakan beliau pernah sewaktu- waktu bertahan hidup hanya makan roti. Inilah kenapa beliau harus berstrategi ulang wacana keuangan urusan ekonomi menyesuaikan diri pasar.

Pertengahan tahun pertama beliau menyadari hal. Dia harus mendesain sendiri produknya semoga lebih terlihat. Ia menerima banyak pesanan, jadilah Sherlyn mengalihkan produksi ke China. Hanya saja pabrikan China mengisaratkan pemesanan minumun besar. Untuk itulah beliau harus bisa menyesuaikan ajakan dan pesanan.

Di tahun ketiga, Sherlyn memutuskan mendesain sendiri -dimana urusan ekonomi fasion ecommerce penuh penjiplakan desain. Orang gres akan mengkopi desain miliknya. Dia lantas mempekerjakan desainer sendiri, membuat peragaan busana di KL Fashion Week, brandnya semakin stabil, bukan lagi pabrik fasion cepat ataupun reseller.

Beruntung banyak majalah fasion mulai melirik brand miliknya. Menjadi sebuah transisi dari sekedar blog shop menjadi fasion label. Bisnis modelnya tumbuh dan diakui oleh costumer sebagai brand bukan penjual pakaian. Sherlyn pun memenangkan akreditasi Alliance Bank SME Innovation Challange 2015.

Ada perasaan begetar dikala orang keluar dari toko dan memakai pakaian Twenty3. Meski urusan ekonomi di bidang fasion sangat ketat, beliau percaya diri dengan filosofi serta kekuatan brand -dimana desain mudah ditiru tapi tidak nama baik.

Sosial media merupakan hal fital dalam hal marketing pakaian wanita, tetapi penuh ranjau. "Salah menginjak bisa meledak, jadi perlakukan hati- hati," saran Sherlyn.

Bisnis fasion memang wacana industri ketahahan. Dimana kedepan tidak ada kepastian dalam soal fasion. Ia menjelaskan tidak ada loyalitas dalam membeli pakaian. Maka diharapkan brand berpengaruh bagaimana mencicipi wacana brand kamu.

Kesulitan di urusan ekonomi fasion dikala kau tumbuh maka orang dan pabrikan akan lepas kendali. Pada kesudahannya ini cuma soal ketekunan. Ketika kau sudah diatas, maka percayalah bekerja keras akan bisa membawa ketidak kontrolan menjadi terkendali. Pemerintah juga kendala, dikala kau berlari, mereka sangat lambat menanggapi.

Sukses bagi pengusaha menurutnya menciptakan batasan diri. Sejujurnya, dikala kau telah mencapai satu pencapaian, kau akan menciptakan pencapaian lain sebab ini tidak akan pernah berakhir. Kunci sukses di entrepreneurship ada dua: jadi keras kepala dan ketekunan. Itu tidak akan tepat dikala kau memulai sesuatu.

"Jadi jangan membuang waktu cuma merencanakan urusan ekonomi sempurna," ia tambahkan lagi. Karena kau akan mulai terjebak dalam kebekuan analisis. Jangan terlalu banyak berpikir tetapi mulailah. Meloncat lah berguru bagaimana membangun pesawat ke tujuan mu.

"Memaksakan diri, menantang diri sendiri, lakukan saja sekarang dan berpikir wacana hal itu kemudian - yang terbaik dan tercepat untuk berguru wacana urusan ekonomi anda. Ide dapat datang mudah, itu yaitu eksekusi yang membuat atau mendobrak bisnis," tutupnya kepada Asianentrepreneur.org.

Facebook: Facebook.com/Twenty3my
Situs: Twenty3.my