Mau Bisnis Online Apakah Harus Paham SEO?

Ada yang cukup menarik di dunia bisnis online Indonesia saat ini. Sangat banyak pebisnis online yang dulunya adalah pemula, ternyata sekarang sudah berhasil dan punya bisnis online yang menguntungkan. Jenis bisnis online nya pun bermacam-macam, mulai dari jualan produk secara online, jualan jasa, dan lain sebagainya.



Dulu, ada banyak anggapan di kalangan pengusaha online bahwa para pebisnis online itu harus paham SEO (search engine optimization). Seringkali kita menghabiskan banyak waktu untuk mengoptimasi sebuah halaman website hanya agar tampil di halaman utama Google.

Unik memang, bahkan ada istilah pakar SEO dan master seo di kalangan para pengusaha online, Anda bisa membacanya di beberapa artikel online, termasuk di blog Maxmanroe.com. Topik tentang SEO ini selalu menjadi topik yang hangat diperbincangkan di kalangan internet marketer. Seolah-olah hanya SEO lah yang bisa memberikan trafik dan penjualan.

Bisnis Online tak Hanya Tentang SEO

Bahkan kalau menurut saya, SEO itu bukanlah yang terbaik di bisnis online. Alasannya, sumber trafik terbesar memang dari Search Engine Google, tapi porsi trafik terbesar itu diambil oleh website yang beriklan di Google.

Perhatikan saja kalau Anda mengetikkan kata kunci di Google, pasti website yang teratas adalah iklan Google. Kalau boleh jujur, banyak praktisi SEO yang terlalu asik mengerjakan campaign mereka tanpa memperdulikan result jangka panjang. Dan seringkali yang jadi korban adalah website klien mereka.

Menurut saya pribadi, untuk kata kunci tertentu trafik terbaik itu masih dipegang oleh iklan di Google Adwords atau Facebook Ads. Tapi untuk topik lainnya mungkin masih bagus menggunakan SEO, asal caranya benar.

SEO Penting Tapi Bukan Segalanya

Saya percaya bahwa SEO itu adalah salah satu strategi internet marketing yang sangat ampuh. Tapi cara ini bukan segalanya, dan bukan satu-satunya untuk mendapatkan trafik.

Kalau kita bicara bisnis jangka panjang, tentu harus mempertimbangkan penerapan SEO ke situs kita. Pastikan juga bahwa kita melakukan SEO dengan cara yang benar dan etis, hindari jasa SEO yang menerapkan cara-cara aneh dan menjebak karena bisa merusak ranking website kita di Google.

Sebagai internet marketer, kita tidak harus paham SEO. Beda aliran, pasti beda cara pemasaran. Tapi saya pribadi sangat menyarankan para pebisnis online untuk setidaknya memahami sedikit mengenai SEO.

Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan.