Apa Itu Email, Sejarah, Fungsi, dan Cara Bikin Email

Apa itu Email? 

Mungkin masih ada pengguna internet yang belum memahaminya. Email adalah singkatan dari Elektronik Mail atau dalam bahasa Indonesia berarti Surat Elektronik. Email hanya bisa dikirim ke orang lain yang juga punya alamat email jika ada koneksi internet, perangkat komputer atau mobile yang terhubung ke internet.

Apa Fungis Fungsi Email?

Banyak pengguna internet yang menganggap email hanya untuk mengirim surat. Pada kenyataannya email bisa juga sebagai alamat resmi seseorang di dunia maya. Dengan menggunakan email, kita juga bisa mendaftar di berbagai situs, misalnya Facebook, Twitter, YouTube, dan lain sebagainya.

Pada perkembangannya email juga bisa digunakan untuk berbagai keperluan. Diantaranya adalah untuk mengirim file, foto, video, chat, dan keperluan lainnya.

Sejarah Email


Pada jaman dulu penggunaan email masih sangat sederhana, yaitu hanya mengirimkan surat dari satu komputer ke komputer lain. Pengiriman email jaman dulu hanya bisa dilakukan pada satu jaringan komputer dalam rangkaian LAN ( Local Area Network ).

Sekitar tahun 1971, Seorang programmer Amerika, Raymond Tomlinson mulai menggunakan simbol @ sebagai pemisah antara user id dan domain. Mulai sejak itu, nama_user@nama_komputer menjadi standart penggunaan Email. Kemudian John Vital menemukan sebuah software untuk pengaturan Email pada tahun 1975, beberapa tahun kemudian, Email menjadi populer dan telah memenuhi lalu lintas Internet.

Eudora adalah salah satu program email pertama yang dapat digunakan secara komersial pada saat itu, dikembangkan Steve Dorner pada tahun 1988. Kemudian pada tahun 1991, bersamaan dengan penemuan WWW ( World Wide Web ) oleh Tim Berners-Lee, Email mulai tersedia luas dan dapat diakses secara gratis dengan tampilan antas muka yang lebih ramah. Beberapa penyedia layanan email gratis adalah Yahoo, Hotmail dan Gmail.

Bagaimana Cara Membuat Email?

Ada banyak sekali layanan email gratis, dan yang paling sering digunakan adalah Gmail.com, Yahoo Mail, dan Hotmail. Berikut ini adalah tutorial singkat cara membuat email di Gmail.com:

1. Buka situs Gmail.com


2.  Klik tombol Buat Akun, Anda akan diarahkan ke halaman isian form untuk membuat email

3. Langkah berikutnya adalah mengisi formulir hingga selesai. Kolom Alamat Emai Anda Saat Ini bisa dikosongkan saja.

Lalu centang pada kotak persyaratan layanan dan kebijakan privasi. Klik langkah berikutnya. Anda akan diarahkan untuk mengatur halaman Google+. Ikuti saja langkah-langkah yang diminta.






Setelah selesai, klik Langkah berikutnya. Selanjutnya Anda akan dibawa ke halaman selamat datang. Klik Lanjutkan ke Gmail, maka Anda telah memiliki alamat Email di Gmail.

Perlu diperhatikan, dengan membuat Akun Google maka Anda otomatis memiliki akses akun ke berbagai jaringan Google seperti Gmail, Blogger, Youtube, Google+ dan lainnya.